Komisi I DPRD Jabar: Desa Harus Pertahankan Kearifan Lokal

Komisi I DPRD Jabar: Desa Harus Pertahankan Kearifan Lokal

SUMEDANG – Desa Gudang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Sumedang baru-baru ini mendapatkan prestasi yang membanggakan.

Pasalnya, desa tersebut juara tingkat nasional dalam Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek), khususnya inovasi bidang pupuk organik, penebar pelet ikan otomatis dan pengolahan limbah organik (Biodigester).

Berkat prestasi tersebut, Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi. Apalagi, Desa Gudang harus bersaing dengan 70 desa se-Indonesia untuk meraih prestasi tersebut.

\"Sebagai juara nasional, inovasinya bisa diadopsi oleh desa lainnya di Jawa Barat sebagai modul program-program. Bahkan, program desa yang bersifat komersil akan menambah keunggulan bagi desa itu sendiri,\" ujar Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat, Rabu (22/9).

Namun, lanjut dia, yang harus diperhatikan adalah kearifan lokal seperti gotong royong, tepa salira dan sebagainya. Apalagi, ditengah gencarnya perkembangan teknologi, desa harus mampu mempertahankan kearifan lokal dengan baik.

Selain itu, Desa juga harus menjadi contoh bagi masyarakatnya. Terlebih adanya bantuan desa saat ini cukup besar, jangan sampai ada masyarakat yang mengharapkan bantuan desa yang tidak tepat sasaran.

\"Fenomena saat ini yang kerap menjadi kebiasaan buruk yakni mengklaim sebagai warga miskin demi mendapatkan bantuan. Pendataan desa jadi kunci utama untuk mengkategorisasi tingkat kemiskinan,\" imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, M Nasir. Menurutnya, saat ini desa juga harus berperan penting dalam pemanfaatan dan pengolahan sampah.

Dimana setiap desa harus memiliki tempat khusus untuk mengolah sampah dan mengedukasi masyarakat tentang pengolahan sampah.

\"Pemanfaatannya seperti apa keuntungannya terutama bagi masyarakat.  Komersialisasi teknologi tepat guna pengelolaan sampah setiap desa harus dimaksimalkan pengolahannya,\" pungkasnya. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: